DEMA FUD 2023 SUKSES MENYELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN KAJIAN BUDAYA


 

Potret saat acara SemNas Pelatihan Kepemimpinan dan Kajian Kebudayaan sedang berlangsung

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Kabinet Gerak Sinergi UIN Raden Mas Said Surakarta telah sukses menyelenggarakan Seminar Nasional pelatihan kepemimpinan dan kajian kebudayaan. Seminar Nasional kali ini  mengusung tema “Relevansi Konsep Kepemimpinan Anak Muda Berbasis Islam Budaya Jawa”. Acara ini berlangsung di Aula FAB UIN Raden Mas Said Surakarta lantai 4 pada Jum’at (10/3/2023).

Seminar Nasional ini mengundang dua narasumber yaitu KP. Dato Sri KPP. Dr. H. Andi Budi Sulistiyonegoro, S.H.,M. Ikom. (Pegiat Budaya dan Ketua Yayasan Forum Indonesia Maju dan Berbudaya) sebagai pembicara yang pertama Dan Drs. H. Mohammad Toha, S.Sos., M.Si. (Anggota DPR RI) sebagai pembicara yang kedua, dan di moderatori oleh Raha Bistara, M. Ag. selaku Dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.

Acara seminar ini berlangsung kurang lebih 3 jam dari pukul 07.30 – 11.00 WIB. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua Pelaksana, kemudian Ketua Umum DEMA FUD  2023, kemudian dilanjutkan oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Kholilurrohman, M.si.

Potret Pembicara SemNas saat menyampaikan materi

Pembicara pertama pada seminar ini yaitu KP. Dato Sri KPP. Dr. H. Andi Budi Sulistiyonegoro, S.H.,M. Ikom. Dalam penyampaiannya beliau membahas tentang sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia yang tak lepas dari akulturasi budaya dan agama yang dilakukan oleh para Walisongo dengan Raja, Sultan, dan Pemimpin adat pada jaman itu, serta metode yang digunakan dalam memasukkan ruh Islam ke dalam unsur kebudayaan sehingga ajaran Islam dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Pembicara kedua yaitu dari Drs. H. Mohammad Toha, S.Sos., M.Si. Dalam penyampaian materi, beliau banyak berbagi pengalaman tentang kepemimpinan yang dikemas dalam bentuk video. Dan beliau juga memaparkan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, di antaranya adalah visioner (bisa melihat peluang, kemauan yang kuat dan gairah mencapai tujuannya), pribadi yang jujur dan konsisten, amanah, rasa ingin tahu yang tinggi dan berani untuk maju.


Penyerahan Doorprize kepada peserta seminar yang telah antusias bertanya dan menjawab kuis

Di penghujung acara terdapat sesi tanya jawab dan pembagian doorprize kepada para peserta. Lalu ditutup dengan foto bersama narasumber, moderator, dosen, ketua umum dan ketua pelaksana. Dengan acara seminar ini diharapkan seluruh peserta yang hadir dapat mengambil pengetahuan yang telah disampaikan oleh narasumber dan menambah wawasan sebagai pertanggung jawaban kata “Kaum Intelektual” yang disematkan kepada para mahasiswa tentang relevansi konsep kepemimpinan dengan budaya  

 

 Editor : Aniqoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar