Talkshow Kuliah Jurusan, Gambaran Masa Depan Mahasiswa FUD


 

Potret kegiatan Kuliah Jurusan saat sedang berlangsung

DEMA Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Kabinet Gerak Sinergi UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan program kerja pertama yakni  kegiatan Talkshow Kuliah Jurusan yang ditujukan bagi Mahasiswa FUD, dengan mengusung tema "Orientasi Rumpun Keilmuan yang Ada di FUD". Talkshow kuliah jurusan ini diselenggarakan, pada Sabtu (04/02/2023). Diadakannya kegiatan Talkshow Kuliah Jurusan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Mahasiswa terkait beberapa rumpun keilmuan yang ada di Fakultas, seperti Dakwah & Komunikasi, Ushuluddin & Humaniora, dan yang ketiga adalah Psikologi & Psikoterapi. Talkshow kuliah jurusan ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa terkait prospek kerja ke depan sesuai program studi masing-masing.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Kholilurrohman, M.Si., yang sekaligus juga membuka acara pada kegiatan tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan satu poin pesan penting kepada Mahasiswa tentang keutamaan dalam mencari ilmu. "Barang siapa yang imannya berdasarkan ilmu, dan ilmunya berdasarkan iman, maka dia akan sukses", jelasnya. Beliau mengajak kepada para mahasiswa untuk tidak pernah menyesali apapun ilmu yang pernah dipelajari, karena di setiap proses belajar yang dilakukan, pasti ada kebermanfaatan. Sedangkan Ketua Umum DEMA FUD, Bakti Satriya Putra dalam sambutannya menyampaikan "DEMA FUD berupaya membuat gebrakan yang diharapkan mampu menjadi jawaban dari kegelisahan mahasiswa yang masih merasa salah jurusan. Semoga orientasi dari masing-masing program studi lebih terarah dengan jelas."

Penyerahan Doorprize kepada peserta Talkshow Kuliah Jurusan yang telah berantusias bertanya kepada pemateri 

Kegiatan Talkshow Kuliah Jurusan ini diikuti oleh sekitar 750 lebih mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, baik dari semester 2 maupun semester 4. Pemateri dalam Talkshow Kuliah Jurusan ini disampaikan oleh masing-masing Kepala Jurusan dan juga seluruh Koordinator Program Studi di FUD, dengan dipandu oleh para Ketua Umum HMPS sesuai dengan Jurusan masing-masing program studi. Kegiatan dilaksanakan secara bergantian sesuai jurusan masing-masing dengan dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama Jurusan Dakwah & Komunikasi, sesi kedua Jurusan Ushuluddin & Humaniora, dan sesi ketiga Jurusan Psikologi & Psikoterapi. Kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses dari awal hingga akhir, dan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir.


Penulis : Ahmad Taufiq

Editor : Aniqoh Mar A


3 komentar: